Tips Praktis Membuat Pempek Ikan
Artikel

Tips Praktis Membuat Pempek Ikan yang Lezat dan Sehat

Tips Praktis Membuat Pempek Ikan yang Lezat dan Sehat

Tips Praktis Membuat Pempek Ikan

Popularitas pempek ikan sepertinya sudah tak perlu diragukan lagi. Makanan khas Palembang ini tak hanya bisa dijumpai dan dikenal di kota asalnya yatiu Palembang saja. Tetapi sudah terkenal hingga ke suluh penjuru nusantara bahkan menjangkau mancanegara. Dengan citarasanya yang nikmat, tak salah juga bila makanan ini selalu membuat ketagihan. Untuk menikmati lezat dan nikmatnya pempek khas Palembang tersebut tentu tak harus jauh-jauh berkunjung ke kotanya wongkito karena pempek ini bisa dibuat dengan mudah di rumah. Meskipun ada ungkapan yang menyebutkan bahwa ‘belum bisa mengatakan pempek itu enak sebelum menikmati pempek asli di kota asalnya’. Ungkapan tersebut pastinya juga bukan tanpa alasan. Pempek di kota asalnya memang terkenal memiliki rasa yang lebih lezat terutama rasa dan aroma ikannya yang jauh lebih kuat dibandingkan pempek yang ada di tempat lainnya.

Tips

Ada beberapa tips yang sebaiknya diperhatikan ketika Anda ingin membuat sajian kuliner bercitarasa ikan tersebut. Untuk menghasilkan pempek ikan yang lezat dan sehat, pastikan untuk selalu menggunakan ikan segar yang langsung dibersihkan dan digiling. Anda mungkin bisa menemukan ikan giling beku di beberapa supermarket namun menggunakan ikan yang segar mampu menghasilkan pempek yang jauhlebih nikmat. Bahkan, dengan menggunakan ikan yang masih segar akan menghasilkan pempek yang tetap lezat dan nikmat meski tanpa menggunakan bahan penyedap rasa sekalipun sehingga pastinya akan jauh lebih sehat.

Tips lain yang perlu diperhatikan ketika ingin membuat pempek ikan yang enak dan sehat adalah adonan yang digunakan hendaknya pas. Adonan pempek yang pas adalah ketika adonan tersebut kalis yang bisa dilihat dari adonan yang tidak menempel di tangan. Namun, pastikan juga adonan tersebut tidak terlalu kalis karena akan terasa keras saat digoreng. Setelah adonan selesai dibuat maka adonan sebaiknya juga langsung direbus ataupun digoreng supaya struktur adonan tidak berubah menjadi lebih keras.

Hal lain yang perlu diperhatikan ketika ingin membuat pempek ikan adalah pemilihan jenis ikan yang digunakan. Beda jenis ikan yang digunakan akan menghasilkan aroma ikan yang berbeda. Beberapa  jenis ikan yang biasa digunakan untuk membuat pempek adalah ikan tenggiri, gabus, kakap putih. Anda bisa menentukan jenis ikan mana yang paling pas menurut Anda apakah ingin memiliki aroma ikan yang tajam atau tidak.

Dan, dalam membuat pempek, Anda sebaiknya juga tak lupa untuk memperhatikan kuah cuko yang digunakan untuk menikmati pempek tersebut. Meskipun bahan yang digunakan untuk membuat cuko pempek sangat sederhana, ternyata mengolah kuah cuko yang lezat juga tak semudah yang dibayangkan. Takaran bahan yang diguankan haruslah pas dan berkualitas untuk menghasilkan kuah cuko yang lezat, segar, pedas, dan manisnya pas sehingga pempek ikan yang dinikmati pun akan terasa semakin sempurna.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *